UBSI Purwokerto - Pengertian PAN dan WAN

PERSONAL AREA NETWORK

Image result for Gambar PAN

  1. Pengertian PAN (Personal Area Network)
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses ke berbagai  perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi sistem keamanan rumah yang berbasis data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
  1. Prinsip Kerja PAN
Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal).
  1. Kegunaan Personal Area Network
·         Menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
·         Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal).
  1. Contoh Penggunaan Jaringan PAN
·         Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
·         Menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
·         Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (an uplink). Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. Wireless Personal Area Network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave, dan Zigbee.

  1. Teknologi Pada PAN
Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan  terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan tuan-badak (yang sangat besar jumlah perangkat yang dapat dihubungkan pada "parkir" mode). Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. J piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.
Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu. Mereka menggunakan antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham. J terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu di komputer.Mereka kemudian dinamakan antena "The BlueSniper." Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan kemacetan perlindungan mobil di atap mobil.
  1. Wireless PAN 
WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting perorangan dari kerja di mana sambungan nirkabel. Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam waktu sekitar 10 meter. Dengan kata lain, yang sangat  jarak dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru, IEEE 802, 15.
WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi biasa pada perangkat yang memiliki banyak orang di meja mereka atau membawa mereka dengan hari ini atau bisa melayani tujuan yang lebih khusus seperti mengizinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya untuk berkomunikasi selama suatu operasi. Kunci konsep dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "plugging dalam". Dalam skenario yang ideal, jika dua WPAN dilengkapi perangkat menjadi dekat (dalam beberapa meter satu sama lain) atau dalam waktu beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seakan-akan terhubung dengan kabel. Fitur penting lain adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat lain yang selektif, perlu mencegah gangguan yang tidak sah atau akses infornasi.Teknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus di antara rumah atau bisnis  perangkat dan sistem. Setiap perangkat di dalam WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama dalam WPAN, asalkan mereka dalam berbagi fisik satu sama lain. Selain itu, seluruh dunia akan WPANs interkoneksi. Jadi, misalnya, sebuah situs dalam archeologist di Yunani mungkin menggunakan PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirimkan temuan ke database.

Pengertian WAN (Wide Area Network)


WAN (Wide Area Network) Ialah Sebuah Jaringan Komputer Yang Mencakup Area Lokasi Yang Lebih Luas, Dengan Melibatkan Kesatuan Komputer Yang Lebih Banyak. Dengan Ini Sudah Jelas Berbeda Dengan PAN, MAN Atau Mungkin LAN Yang Dibatasi Dengan Ruangan Dan Bangunan. WAN Tidak Dibatasi Dengan Suatu Ruangan Maupun Bangunan Namun Cakupannya Bisa Antar Benua.
WAN Akan Mampu Mengkoneksikan Para Pengguna-Pengguna Sebuah Jaringan Dalam Daerah Jangkauan Yang Lebih Luas. Hal Ini Akan Membuat Para Technical IT Bisa Melakukan Sharing Resource Antar Negara Bahkan Antar Benua.

Fungsi WAN (Wide Area Network)

  • Untuk Menghubungkan Sebuah Jaringan LAN Dan Jaringan MAN Menjadi Satu Jaringan.
  • Untuk Membantu Mempercepat Suatu Proses Berbagi Data Atau Sharing File.
  • Untuk Mempercepat Dan Mempermudah Sebuah Arus Komunikasi Dan Informasi.
  • Untuk Update Data Antar Perusahaan Atau Kantor Bisa Dilakukan Setiap Saat.
  • Untuk Menghemat Biaya Operasional.

    Jenis Protocol WAN (Wide Area Network)

    1. Point-To-Point Protocol (PPP)
    Protokol PPP Ialah Suatu Protokol Standar Yang Paling Banyak Digunakan Untuk Membangun Sebuah Koneksi Antara Router Ke Router Atau Antara Suatu Host Ke Dalam Jaringan Dalam Media WAN Synchronous Ataupun Asynchronous.
    2. Serial Line Internet Protocol (SLIP)
    SLIP Ialah Pendahulu Dari PPP Yang Banyak Digunakan Untuk Membangun Koneksi Serial Point-To-Point Yang Menggunakan Suatu Protokol Komunikasi TCP/IP.
    3. High-Level Data Link Control (HDLC)
    Protokol Layer Data Link Ini Ialah Suatu Protokol Ciptaan Cisco System, Jadi Penggunaan Protokol Ini Hanya Ketika Suatu Jalur WAN Digunakan Oleh Dua Buah Perangkat Router Cisco Saja. Jika Perangkat Selain Produk Cisco Yang Ingin Digunakan, Maka Protokol Yang Digunakan Ialah PPP Yang Merupakan Protokol Standar.
    4. X.25/LAPB
    X.25 Ialah Sebuah Standar Buatan Organisasi Standardisasi ITU-T Yang Menjabarkan Cara Koneksi Antara Perangkat DTE (Data Terminal Equipment) Dengan DCE (Data Communication Equipment) Yang Memungkinkan Suatu Perangkat-Perangkat Komputer Bisa Saling Berkomunikasi. Kelebihan Dari X.25 Ini Ialah Suatu Kemampuannya Untuk Mendeteksi Error Yang Sangat Tinggi. Maka Dari Itu, Suatu Protokol Komunikasi Ini Banyak Digunakan Dalam Media WAN Analog Yang Tingkat Error-Nya Tinggi.
    5. Frame Relay
    Frame Relay Ialah Suatu Protokol Yang Khusus Digunakan Untuk Membuat Sebuah Koneksi WAN Jenis Packet-Switched Dengan Performa Yang Tinggi. WAN Protokol Ini Bisa Digunakan Di Atas Berbagai Macam Interface Jaringan. Karena Untuk Mendukung Suatu Performanya Yang Hebat Ini, Frame Relay Membutuhkan Media WAN Yang Berkecepatan Tinggi, Reliabel, Dan Bebas Dari Error.
    6. Asynchronous Transfer Mode (ATM)
    ATM Ialah Sebuah Protokol Standar Internasional Untuk Jaringan Cell Relay, Di Mana Berbagai Macam Servis Misalnya Seperti Suara, Video, Dan Data Digandeng Bersamaan Dengan Menggunakan Sebuah Cell-Cell Yang Berukuran Tetap. Protokol ATM Banyak Digunakan Untuk Memaksimalkan Suatu Penggunaan Media WAN Berkecepatan Sangat Tinggi Seperti Synchronous Optical Network (SONET).

    Kelebihan WAN (Wide Area Network) :

    • Dapat Berbagi Suatu Informasi/File Melalui Area Yang Sangat Besar.
    • Semua Orang Yang Ada Di Jaringan Ini Bisa Menggunakan Data Yang Sama.
    • Memiliki Sebuah Sistem Jaringan Yang Besar/Luas Yang Sehingga Bisa Menjangkau Negara, Benua, Bahkan Seluruh Dunia.
    • Jika Terkoneksi Dengan Sebuah Jaringan Internet Transfer File Pada Tempat Yang Jaraknya Jauh Bisa Di Laksanakan Secara Cepat.
    • Dapat Berbagi Resources Dengan Kone Workstations.

    Kekurangan WAN (Wide Area Network) :

    • Pada Biaya Operasionalnya Sangat Mahal.
    • Dalam Hal Sebuah Settingan/Pengaturan Jaringan WAN Lebih Sulit Dan Rumit, Selain Itu Pada Alat-Alat Yang Diperlukan Juga Sangat Mahal.
    • Memerlukan Firewall Yang Baik Untuk Membatasi Suatu Pengguna Luar Yang Masuk Dan Bisa Mengganggu Jaringan Ini.
    • Rentan Terhadap Ancaman Dari Hacker Atau Ancaman Dari Luar Lainnya.


    Comments

    Popular posts from this blog

    Makalah Cyber Sabotage and Extortion

    Memories of Chrisye - Komustik 4th (Komunitas Musik SMA N 1 Patikraja)

    Hunting Rame Rame (Bukan anak hitz)